Saturday, March 14, 2020

BISA KARENA CINTA

Tugas Orientasi KMA-20

BISA KARENA CINTA

Pada suatu ketika di kelas, ada siswa melontarkan pertanyaan “Apa yang membuat pak guru hebat Matematika?” pertanyaan yang menggelitik juga mengejutkan. Seorang siswa yang mungkin merasa kagum atau heran dengan cara gurunya mengajar. 
Gurunya masuk kelas tanpa membawa buku paket atau buku pelajaran, hanya buku jurnal dan absensi siswa yang dipegang oleh pak guru. Namun menyampaikan materi begitu terarah dan terukur. Terlihat bahwa apa yang disampaikan pak guru semua sudah terekam dalam memorinya. Sehingga siswa kagum dan mengatakan pak guru hebat Matematika.
Ada pepatah lama, bisa karena biasa. Bisa jika dipraktekan atau dipelajari berulang-ulang. Perulangan dilakukan manakala ada benih-benih cinta dalam dirimu duhai anak-anakku. Tanamkan rasa cinta pada pelajaran matematika, maka anak-anak sekalian akan menjadi anak-anak yang hebat di bidang matematika dan bidang-bidang lain yang kalian cintai. Begitulah ceramah yang disampaikan pak guru kepada anak-anak sekaligus menjawab pertanyaan si anak tadi.
Terkadang saya merasa seperti seorang juru taman, membajak tanah, menanamkan benih-benih kecintaan belajar kepada anak-anak. Dengan kecintaan pada pelajaran, sesulit apapun pelajaran itu, Insya Allah bisa dimengerti.

Bariudin Talib_Bulungan, Kaltara

0 komentar:

Post a Comment